Dengan semakin berkembangnya
teknologi canggih saat ini, kebutuhan berbelanja pun tidak perlu lagi
dilakukan dengan keluar rumah. Belanja online kini semakin menjadi tren
untuk kemudahan mendapatkan berbagai barang tanpa harus datang ke tempat
penjual yang mungkin lokasinya cukup jauh. Kesempatan ini bisa
dimanfaatkan untuk membuka toko online maupun berjualan online dengan
memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.
Untuk bisa sukses berjualan online, ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan agar konsumen tidak kecewa dan
justru tertarik untuk membeli kembali barang-barang di toko online Anda.
Simak beberapa tips berjualan online berikut ini.
1. Berikan yang terbaik
Jika kita menawarkan sebuah barang melalui
media online tentu saja agar barang sampai ke konsumen harus melalui
jasa pengiriman. Pastikan Anda mengirimkan barang dengan kondisi yang
paling baik dan memilih jasa pengiriman yang berkualitas, tentunya
dengan ongkos kirim yang sebelumnya telah disepakati. Dengan memberikan
barang dengan kondisi terbaik sangat penting untuk membangun kepercayaan
konsumen terhadap toko online Anda. Mengingat konsumen tidak melihat
kondisi barang sebelum membelinya, sehingga Anda tidak boleh
mengecewakan konsumen. Apalagi jika barang yang dikirim tidak sesuai
dengan harapan konsumen, untuk melakukan pengembalian barang atau retur
juga membutuhkan tambahan biaya pengiriman.
2. Ciptakan kenyamanan belanja pada konsumen
Selain menggunakan iklan yang menonjolkan
beberapa kelebihan produk, akan lebih baik jika Anda bisa langsung
“hadir” di berbagai media online agar kesempatan konsumen untuk
berbelanja menjadi lebih banyak dan mudah. Seperti yang kita tahu saat
ini para pengguna internet selain mengakses toko online juga membuka
review produk dari sebuah blog, Facebook, dan media-media lain. Akan
sangat bagus jika Anda bisa menyediakan akses terhadap barang yang Anda
jual dari berbagai media online tersebut. Kemudian Anda juga harus
berkomitmen untuk merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan
cepat. Support kepada pelanggan akan mempererat hubungan dan
meningkatkan kepercayaan pelanggan.
3. Berikanlah “cerita” untuk pelanggan
Banyak toko online yang melupakan kekuatan
bercerita kepada konsumen. Cerita ini bisa bermacam-macam, misalnya
bagaimana awal mulanya Anda mendirikan toko online, alasan Anda membuat
toko online, pengenalan produk yang Anda jual, dan lain-lain. Hal ini
akan bisa menarik pelanggan dan memperkuat ikatan antara penjual dan
pelanggan dibandingkan dengan memberikan diskon yang bersifat sementara.
4. Perhatikan kompetitor
Dengan semakin banyaknya orang yang
memanfaatkan media online untuk berjualan tentu saja membuat persaingan
menjadi lebih ketat. Karena itu Anda juga harus memperhatikan apa yang
dilakukan oleh kompetitor Anda. Setelah itu Anda bisa membuat sebuah
inovasi baru yang bisa membuat toko online Anda menjadi lebih unggul dan
tidak ketinggalan tren berjualan di dunia online.
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda sehingga usaha online anda jadi lebih maju dan berkembang.