Selasa, 11 September 2012

Migrate to LiNuX

Makin bertambahnya pengguna Sistem operasi Linux saat ini membuat dunia IT menjadi lebih hidup. Kenyataan untuk mengurangi software bajakan karena makin banyak perusahaan yang terjerat hukum akibat hal ini, kian marak kehadiran virus-virus baru pada sistem operasi Windows dan krisis ekonomi global yang membuat perusahaan harus menghemat anggaran belanja pada divisi IT, membuat banyak perusahaan mulai menggunakan Linux.

Tidak seperti 5 tahun yang lalu saat saya mulai belajar menggunakan Linux, kendala pada dukungan hardware masih sering di temukan, namun saat ini keadaan berubah menjadi lebih baik. Beberapa distro Linux saat ini bisa dijalankan sebagai sebuah sistem operasi untu pekerjaan sehari-hari yang tidak kalah dengan windows dan juga sudah memiliki dukungan hardware yang jauh lebih banyak.

Begitu mudahnya menginstall Linux saat ini dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Saat linux sudah selesai di install pada komputer, ada beberapa applikasi yang langsung kita bisa jalankan adalah sbb :
• OpenOffice (fungsinya mirip dengan Microsoft office)
• Firefox (browser pada Linux)
• PDF reader
• PDF writer
• PIDGIN (aplikasi untuk chatting)

Distro Linux yang saat ini mulai banyak digunakan adalah Ubuntu Linux, makin banyaknya komunitas pengguna dan developer Ubuntu Linux, distro ini kini mulai dilirik banyak perusahaan. Perusahaan di tempat penulis bekerja saat ini juga sudah bermigrasi ke Ubuntu Linux pada hampir semua PC klien yang ada. Bisa dibayangkan jumlah uang yang dihemat pada anggaran untuk pembelian lisensi yang legal, karena distro Ubuntu ini sifatnya free to use. Kita secara legal boleh menggunakan, menduplikasi, menyebarkan pada teman, keluarga atau sebuah instansi.


Seperti kata pepatah “Tidak ada gading yang tak retak”, dibalik kehebatan sesuatu pasti memiliki kelemahan. Bermigrasi sistem operasi yang sudah lama kita kenal ke linux, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Telepon genggam penulis hampir setiap saat pada jam kerja terus berdering, dibanjiri banyak pertanyaan cara penggunaan sistem operasi ini. Walaupun dari bagian IT sudah menyebarkan tulisan cara penggunaan kepada para karyawan. Namun hal ini mungkin tidak akan berlangsung lama, akan berkurang sendirinya seiring dengan kebiasaan

Disini penulis juga memberitahu, apabila ada perusahaan kecil/menengah ingin bermigrasi ke LiNuX. Kami sangat ingin sekali bisa membantu dalam sisi teknis maupun konsultasi. Silahkan menghubungi diKontak kami