Selasa, 11 September 2012

Peluang bisnis pada dunia opensource

Peluang bisnis di dunia Opensource memang terbuka luas, dan pemainnya belumlah terlalu banyak. Mungkin ini disebabkan oleh pengetahuan masyarakat Indonesia akan peluang bisnis pada bidang ini belumlah terlalu digali lebih dalam.

Kita bisa ambil contoh pemain pada dunia Opensource yang ada di Indonesia, BaJaU. Memulai berkecimpung di bidang opensource pada 10 tahun yang lalu, sampai saat ini BaJaU masih memberikan solusi bisnis pada perusahaan. BaJau juga memberikan pelatihan pada bidang Opensource, khususnya Linux. Bisa terlihat peluang bisnis yang telah mereka jalani.

Dengan kemampuan menggali ide, skill dan wawasan. Kitapun bisa meraih kesempatan untuk sukses. Bisa dibayangkan bahwa untuk mendapatkan sebuah distro Linux, anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Anda tinggal mengasah kemampuan yang ada dengan cara mencari ilmu dari buku maupun internet. Setelah anda benar – benar menguasai, ada beberapa cara sbb :

- Apabila anda seorang pekerja IT. Anda bisa mencoba implementasi pada perusahaan di mana anda bekerja, apabila jerih payah anda terpakai oleh perusahaan. Dari situlah ide bisnis anda akan muncul dengan perlahan.
- Membuat artikel yang dimuat pada blog anda yang bertujuan membahas dunia IT atau opensource. Dengan semakin padat isi blog, diharapkan akan semakin banyak pengunjung yang membaca tulisan anda. Kita bisa berharap mereka iklan yang anda pasang pada blog (Google Adsense, Adword, dll).
- Menawarkan jasa instalasi / pelatihan distro linux yang bisa digunakan pada perusahaan – perusahaan kecil atau UKM. Dikarenakan saat ini, Microsoft sudah gencar untuk sweeping untuk mencari perusahaan yang memakai OS Windows secara illegal. Solusi untuk ini, anda bisa menggunakan Ubuntu for desktop.


Info di atas adalah sebagian peluang bisnis yang bisa kta cari pada dunia opensource. Semakin sering kita mencari ide dan membuka wawasan dari dunia opensource, percayalah akan semakin terbuka pintu – pintu peluang bisnis yang bisa kita raih.

Dibawah ini, sebagian distro atau program yang bisa anda develop, dan mungkin anda bisa melihat peluang bisnis :
1. IPCOP : Distro Linux yang sudah di paket menjadi web proxy / firewall
2. Shorewall : Program yang dijadikan firewall, NAT, network monitoring
3. EBoX : Distro linux yang bisa digunakan firewall, webproxy, LDAP, printer sharing, VOIP, dll.
4. Openbravo : ERP opensource, cocok untuk perusahaan kecil atau UKM
5. Asterik : VOIP